Kamis, 07 Juli 2011

KH. MUNAWIR HASAN

Add caption
Beliau adalah putra nomor dua dari sebelas bersaudara dari keluarga K. Hasan keturunan K Muzaqi batu kolong atau dikenal dengan Bujuk batukolong, Beliu merupakan lulusan Pondok pesantren Imihadul muslimin yang terletak di kecamatan turen kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.
Adalah sebuah nama yang selalu Saya ingat karena jasanya yang sanyat besar terhadap Saya. Beliau bukan hanya sebagai kakek saya tetapi sekaligus sebagai guru saya dalam bidang keagamaan.
Yang Saya ingat adalah kharismanya yang sangat besar, wibawanya yang sangat terasa, pada saat itu saya masih duduk dibangku Madrasah Sanawiyah Al Hidayah di Kecamatan Wajak. Bapak Saya telah memindahkan Saya untuk menimba ilmu agama kepada Beliau, yang terasa dari saya adalah rasa gembira bisa mengaji bersama-sama teman yang banyak. Dikala itu semua Santri sangat menghormatinya.
Beliu adalah Sosok yang terkenal cerdas, itu terbukti Beliau sangat pandai dalam kitab kuning, mampu membaca Al Quran kurang dari 10 menit per satu juz dan ketika Beliau melaksanakan ibadah haji Beliau mampu menghatamkan Al Quran 30 juz setiap hari selama melaksanakan ibadah haji.
Tdak mampu saya bayangkan...akan menjadi apa saya tampa jasa beliau dalam mendidik saya, jasanya tidak mampu lagi aku hitung, tidak mampu aku balas. saya hanya berdoa semoga amal ibadahnya diterima disisi Alloh SWT. Selamat jalan Abah doa kami selalu menyertai.
Beliau wafat pada hari senin tanggal 4 Juli 2011 pada jam 21.00 WIB. pada umur 81 tahun. dikediamannya. 
" Belajar dengan giat untuk membentuk perubahan yang lebih baik dan kepemimpinan tidak mudah untuk diserahkan kepada semua orang


4 komentar:

  1. beliau ini keturunan bujuk batukolong dari jalur mana/ bisa disebutkan nasabnya?

    BalasHapus
  2. KH. Munawir Hasan - K. Hasan - Mbah Mariha - K. Janiba- K Muzakki bujuk tekolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. nenek saya adik dr mbah munawir jd masih keturunan mbah muzakky

      Hapus
  3. Beliau yg punya Al-Qur'an Asli tulisan tangan milik Bujuk Tekolong

    BalasHapus